CARI BERITAMU

Yuk, Kita Intip Kegiatan Siswa/i SMA Di Jepang :)


OK, Pada Kesempatan Kali Ini, Catatan Kemal Akan Memposting Sebuah Artikel Yang Berjudul : "Yuk, Kita Intip Kegiatan Siswa/i SMA Di Jepang :)"

Gak Usah Lama - Lama, Yuk Kita Simak Cekibrot Eh Cekidot :D ^_^


Kegiatan Siswa/i SMA di Jepang itu ngapain aja sih ?

1. Mereka berangkat sekolah jam berapa sih ?
Jadi di Jepang itu jam masuk sekolah itu jam 8.50 , kalo yang suka nonton anime pasti tau dong ya ada jam besar biasanya di sekolah mereka dan setting waktu masuk sekolah mereka selalu jam 9 kurang gitu kan, nah meski masuk jam 8.50 mereka engga selalu bangun mepet ko, mereka bangun nya sama kaya kita jam 6 pagi, biasanya kegiatan mereka jam 6 pagi itu ya nyiapin sarapan, olahraga, atau siap siap berangkat naik kereta karena ada beberapa mungkin lokasi sekolah sama rumahnya itu jauh banget. Biasanya mereka berangkat naik sepeda, atau kereta.

2. Terus, di kelas mereka ngapain aja ?
Pasti ada kegiatan memberi salam juga sama kaya di Indonesia tapi mereka ngasih salam dengan berdiri, biasanya Ketua kelas atau guru mengucapkan ã??ã??ã?¤/kiritsu (berdiri) dan ã??ã??/re (membungkuk).

Di Jepang pelajaran yang di fokuskan itu Bahasa Jepang, Bahasa Inggris, Matematika, eksak (Kimia, Biologi, Fisika, dll) dan Sosiologi (Ilmu kemasyarakatan, Sejarah Jepang, Sejarah Dunia, Ekonomi Pemerintah dll), dan kayanya ga ada pembagian jurusan ya kaya di Indonesia yang ada IPA,IPS,Bahasa.
Selain pelajaran pokok ada juga pelajaran yang kalo di negara kita sih disebutnya MULOK kaya Olahraga, ã??ã??ã??ã??/ongaku (Musik), ã?³ã??ã??ã?¤/bijutsu (Seni rupa), dan ã??ã??ã?©ã??/shodo (seni kaligrafi huruf Jepang), serta juga terdapat kelas memasak dan juga diajari bagaimana cara membuat pakaian.

3. Udah istirahat nih, mereka lagi apa ya ?
Ga sama kaya di Indonesia yang kalo istirahat suka nya jajan jajan makanan ga jelas kalo di jepang mereka lebih suka bawa makanan dari rumah sendiri. Bekal yang mereka bawa dibuat oleh ibu mereka atau dibuat sendiri, ada juga yang dibeli di kantin di sekolah. Nah makanan bekal ini biasanya disebut o-bento, bekal ini di hias sebagus mungkin biar semangat dong makan nya

4. Aku pulang !!!
Di jepang kegiatan belajar itu selesai jam 16.00, sebelum keluar kelas mereka pasti bersihin kelas dulu, sama kaya di kita ko ada jadwal piket nya juga

Setelah itu yang punya kegiatan ekstrakurikuler mereka langsung ke ruangan ekskul nya buat latihan atau semacamnya ada sports clubs, culture clubs, music clubs, dll. unik unik loh ekskul nya.

Buat anak kelas III atau di kita tuh kelas 12 biasanya mereka pada ikut les buat masuk perguruan tinggi, nah kalo di jepang itu tidak ada UJIAN NASIONAL, Ujian Akhir Sekolah, atau Ujian Praktek. Jadi, siswa yang telah berhasil mengikuti tes ujian masuk perguruan tinggi, akan diumumkan nama perguruan tingginya di papan pengumuman yang ada di juku tersebut.

5. Kalau udah di rumah, ngapain ?
Oh ya di jepang itu jam 7 malam itu masih belum gelap loh jadi para orang tua di rumah bm khawatir kalo mereka jam segitu belum pulang.

Sampe di rumah biasanya ada yang langsung makan malam sama keluarga setelah itu biasanya menonton TV, ataupun belajar ya ga jauh beda sih sama kaya kita, cuma mereka disana buat anak anak rajin baru tidur itu jam 01.00 biasanya mereka belajar serius atau malah main serius dan akhirnya bangun lagi jam 06.00 , padet banget ya jadwal mereka.

6. Tahun awal ajaran barunya itu....
ahun ajaran baru di sekolah-sekolah Jepang dimulai pada bulan April dan diakhiri pada bulan Maret tahun depannya. Sistem ini berlaku sama dari mulai TK hingga Perguruan Tinggi. Berbeda dengan Indonesia yang mengenal sistem dua semester, sekolah-sekolah di Jepang masih menggunakan sistem cawu atau catur wulan aka three terms, yaitu cawu I dari April " Julu, cawu II September- Desember, dan cawu III dari bulan Januari hingga Maret. Liburan terpanjang ada pada bulan Agustus-September, yaitu selama 40 hari (liburan musim panas).

7. Oh ya, sebelum masuk kelas, para siswa diwajibkan mengganti sepatu mereka dengan sepatu khusus yang udah disimpan sendiri-sendiri oleh para siswa di lokernya maisng-masing. Sepatu ini namanya Uwabaki. Sepatu ini, dipakai ketika siswa berkegiatan di dalam sekolah. Kalau pulang, ganti sepatu lagi deh, pakai sepatu yang tadi dipakai buat berangkat sekolah. Terus, uwabakinya disimpen lagi di loker senyum

Comments+ 18 komentar:

avatar

Keren banget ya jepang ~~
http://Kaliwungucyber.blogspot.com/

avatar

Thanks Kunjungannya Sob ^_^

avatar

beda ladang beda belalang hehe

avatar

Indie : Thanks kunjungannya Gan ^_^

avatar

Ternyata banyak banget peminat Negeri Sakura ya :)

avatar

Iya kk, Terima Kasih Kunjungannya kk ^_^

avatar

hebat mereka masih bawa bekal dari rumah,
ga jajan dan sehat
^_^

avatar

waaaah kayaknya sistem jadwal sekolahnya asyik, jd gak ada tu yg namanya anak sekolah kelayapan siang-siang.....
:P

avatar

Emang bener, beda tempat beda budaya.
Kita tetap harus menghargai budaya sendiri hehe
oya, klo menurut saya sih yg mesti diubah / ditiru dari Jepang itu adalah sistem ujian akhir di negeri kita.
coba sistem kelulusan dibuat sama seperti mereka.
Mungkin tidak ada lagi di antara adek2 kita yg bakal strees tingkat dewa di penghujung kegiatan sekolahnya

avatar

sistem tanpa ujian nasional nih yang perlu di tiru

avatar

Terima Kasih Kunjungannya kk ^_^

avatar

Hehehe, Thanks Ya Kunjungannya ^_^

avatar

Gw Se7 Sama Lo Gan, Thanks Kunjungannya ^_^

avatar

Hahaha :D Thanks Kunjungannya Gan ^_^

avatar

setiap negara punya keunikan masing masing

avatar

さや まう こぴ ぱすて いに。。。 wkwkwkkw。。

avatar

Jepang gt loh kta blm merdeka aja jepang ud maju. Malah hmpir nnguasai asia.

Jika Ingin Berkomentar :

- Dilarang Menjelek Jelekkan Admin
- Dilarang Menghina Blog Ini
- Dilarang Menggunakan Kata - Kata Jorok
- Dilarang Mengandung Unsur Porno
- Dilarang Mengandung Link Mati

© 2014 Catatan_Kemal